rahasia dibalik hutang

TIPS DAN TRIK
Rahasia dibalik hutang

Maaf pak, kalau boleh tau bagaimana cara menyikapi hutang yang menumpuk, karena saya melihat bapak sepertinya enjoy dengan kehidupan ini, apakah bapak gak punya hutang?
Wah ini baru pertanyaan yang sangat menarik untuk dikupas, bagaimana cara menyikapinya dan apakah saya memiliki hutang.

Hutang atau utang dan piutang adalah dua hal yang erat kaitannya dengan sebuah usaha, jadi mau tidak mau saat kita memulai sebuah usaha maka bisa di pastikan kita juga akan berurusan dengan yang namanya hutang piutang baik dalam bentuk materi, uang ataupun yang lainnya.
Sebenarya hutang piutang tidak selalu bersifat negatif seperti yang selama ini difikirkan orang orang khususnya dalam memulai sebuah usaha, karena hutang piutang sendiri merupakan salah satu sumber keuangan dan modal yang bisa di jadikan sebagai alternatif keuangan.
Yang sering menjadi masalah dalam sebuah usaha apabila kita mengalami kesulitan dalam mengembalikan hutang yang telah kita pinjam. Atau kita kesulitan dalam menagih seseorang atau badan usaha yang memiliki hutang terhadap kita.
Untuk itu selalu berhati hatilah dalam berhutang dan menghutangkan uang kita.

Tips dalam melakukan hutang

1. Sebisa mungkin Hindari hutang kecuali memang benar benar membutuhkan, karena bukan tidak mungkin nantinya kita akhirnya malah terlilit hutang.
2. Jangan pernah meminjam dari instansi atau perorangan yang memberikan bunga terlalu besar, karena selain merugikan kita, juga akan berpotensi membuat kita justru kesulitan mengembalikan utang tersebut.
3. pastikan anda sudah memperhitungkan keuntungan usaha yang anda peroleh sesuai dengan utang yang anda lakukan.
4. Selalu bijak dalam mengelola keuangan.
5. Bayarlah hutang sesuai perjanjian atau kalau belum bisa apabila ada halangan tunjukan alasan dan itikat baik anda bukan malah menghindar, karena kepercayaan itu lebih mahal dari hutang kita.

Jujur saja 1 thn lalu ketika saya pindah tempat buat usaha total Hutang saya buat modal dan lainnya mencapai 40 juta. dan Alhamdulillah saat ini masih ada hutang sekitar 15 jutaan, Namun perlu juga anda ketahui Uang saya juga banyak yang masih terpending/dihutang saudara atau rekan usaha yang totalnya sekitar 13 jutaan, jadi kalau ditotal hutang saya masih sekitar 2juta.
Apakah jumlah 2 juta itu sedikit ???
Bagi saya hutang 2juta sangat menakutkan, karena seandainya saya tidak bisa melunasi didunia pasti saya harus melunasinya diakhirat, inilah yang selalu terpikir dalam setiap watu dihati saya. Bagaimana saya melunasinya diakhirat seandainya didunia ini saya tidak diberi kemampuan oleh Allah saw.

Namun saya yakin bahwa Tuhanku Maha Kaya ( GUSTI ALLAH SUGEH ) Jangankan hanya hutang 15juta bahkan hutang segunung pun sangat kecil bagi Allah Tuhan saya, saya yakin itu, dan saya selalu berdoa ” Yaa Tuhanku matikan aku dalam keadaan iman dan islam dengan husnul khotimah serta Tidak mempunyai hutan, aamiin”.

Lalu bagai mana trik menyikapi uang kita yang dihutang oleh teman/rekan usaha.
Saya bersikap tidak akan membuat mereka malu, dan tidak pernah menagihnya hanya sesekali mengucapkan salam dan menanyakan kabar saja. kenapa >???
Karena saya sendiri akan sangat malu bila ditagih oleh teman apabila saya punya hutang, dan saya berkeyakinan seandainya mereka berniat membayar hutang pastinya akan dibayarnya begitu juga sebaliknya, sekeras apapun kita menagihnya kalau tidak berniat membayar ya pasti percuma saja, bahkan akan memutuskan tali persaudaraan yang bagi saya lebih mahal nilainya dari hutang mereka.

Dan satu lagi alasanya saya tidak mau menagih hutang karena bagi saya hutang adalah harta simpanan besok diakhirat, seandainya semua amal ibadah saya tidak ada yang diterima, pasti hutang hutang yang belum dibayar saudara2 saya akan menjadi satu satunya tabungan saya diakhirat.

“Semua dosa orang yang mati syahid akan diampuni kecuali hutang.” (HR. Muslim ).
Bahkan dalam satu riwayat lainya dikatakan bahkan orang syahid itu dihipkan sampai 3 kali dan mati syahid tetap hutangnya wajib dibayar dengan diambilkan dari kebaikannya/amalnya yang diterima Allah swt.
Oleh karena itu, seseorang hendaknya berpikir: “Mampukah saya melunasi hutang tersebut dan mendesakkah saya berhutang?” Karena ingatlah hutang pada manusia tidak bisa dilunasi hanya dengan istighfar.

Demikianlah sekilah penjelasan saya, semoga bisa menghibur dan menyemagati anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *