1. Mandau Terbang
Mandau adalah senjata atau parang khas Suku Dayak dan dipercaya memiliki kesaktian yang sangat hebat. Bila sudah diisi dengan jin atau ilmu mantra gaib maka mandau akan terbang dan mencari mangsa untuk dibunuh.

2. Minyak Bintang
Minyak ini sering digunakan untuk mengobati luka atau tulang yang patah. Sekali poles dan diurut-urut sedikit maka yang diobati bakal sembuh. Walau demikian minyak ini punya pantangan tersendiri yang harus dituruti oleh penggunanya. Baca selangkapnya: Menguak misteri minyak bintang dari Kalimantan

3. Prajurit Hantu
Entah ini mitos atau bukan tapi yang jelas bagi siapa saja yang melecehkan Suku Dayak di tanah Kalimantan akan segera diserang langsung oleh prajurit tak kasat mata atau yang lebih dikenal sebagai panglima burung. Baik perawakan dan bentuknya sampai sekarang masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

4. Sumpit Beracun
Selain mandau masih ada sumpit beracun yang biasa digunakan oleh Suku Dayak untuk berburu atau berperang. Tidak mengherankan kenapa penjajah dulu sangat segan dengan Suku Dayak.

5. Ilmu Santet dan Sihir
Semua suku di Indonesia pasti memiliki ilmu dan kehebatannya sendiri-sendiri tapi soal ilmu santet dan sihir Suku Dayak masuk dalam daftar 5 suku yang patut diwaspadai di dunia. Kerusakan yang ditimbulkan tidak jauh beda seperti Vodoo dari Afrika. Sedangkan sihirnya yang terkenal membuat yang dimantrai tidak bisa keluar dari pulau atau bahkan gila.

Itulah kehebatan dari suku dayak yang disegani dan ditakuti oleh masyarakat dunia terutama Indonesia. Tapi selama kelakuan kita tidak macam-macam di Borneo maka orang dayak pun akan mengangap kita sebagai saudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *